Lcd Tv Sharp Aquos Berkedap - Kedip

Diagnosa :
LCD TV Sharp Aquos jika kita masukkan aliran listrik hanya terlihat lampu indikatornya saja yang berkedap-kedip, kita coba tekan tombol power sama sekali tidak ada tampilan gambar apalagi suaranya.


Model LCD TV Sharp Aquos adalah LC-32M400M 
Apakah yang menyebabkannya ? Mari kita Belah Satu per satu ....

Pertama saya lihat Lampu indikator yang terlihat kedap-kedip saat kita masukkan aliran listrik sekilas memberi pemikiran kemungkinan adanya masalah dibagian PSU ( power supply unit ) , ada indikasi tegangan output dalam kondisi tidak stabil. Setelah kita lepaskan casing bagian belakang dengan jelas kita lihat rangkaian PSU dengan kondisi komponen yang masih baik, poin ada di apasitor filter. Seperti ini tampilan PSU-nya :
Tahap lanjutan yang bisa kita lakukan adalah dengan membuka servis menu, kemungkinan ada err sehingga, terjadi kasus kerusakan seperti ini. Cara buka servis menu/ mode K adalah :
  1. Matikan / lepaskan aliran listrik
  2. Tekan tombol Vol – serta Input di panel control/ bukan di remote.
  3. Masukkan aliran listriknya Setelah kita lakukan langkah ini kini lampu indikator sudah tidak kedap-kedip dan LCD TV Sharp sudah bisa, hidup, tapi setelah kita matikan lewat remote atau lewat panel semuanya kembali seperti semula/ kedap-kedip lagi lampu indikatornya. Jadi semakin jelas ada masalah didata setting maka kita coba restore , caranya :

Dalam mode K tekan tombol vol – serta prog – di panel control nantinya akan keluar menu/ option setelah, tampil pilihan kedua yaitu area ( asia) tekan tombol ok di remote dan kita diamkan sampai terlihat tampilan ok, di layar LCD -nya. 

Kini kita matikan LCD TV Sharp melalui remote dan kita coba hidupkan kembali hasilnya Alhamdulillah semuanya sudah kembali normal. Ada sedikit perbedaan dari model yang sebelumnya, biasanya kalau dalam kondisi mode K jika kita matikan LCD-nya akan tetap tampil jika kita hidupkan kembali LCD-nya. 

Untuk model ini tidak berlaku, jika mode K sudah kita buka maka dengan kita matikan LCD-nya maka mode K akan hilang dengan sendirinya / tidak tampil lagi.
Tag : Service
0 Komentar untuk "Lcd Tv Sharp Aquos Berkedap - Kedip"

Back To Top